Sejarah Peti Kemas / Container ???
SEJARAH ASAL MULA ADANYA PETI KEMAS / CONTAINER
![]() |
Foto dari dokumen wikiwand.com |
Sejarah Container / Peti Kemas
Pada tahun 1830-an, rel kereta api di beberapa benua membawa kontainer yang dapat dipindahkan ke moda transportasi lain. The Liverpool dan Manchester Railway di Inggris adalah salah satu dari ini. "Kotak kayu persegi panjang sederhana, empat untuk sebuah gerobak, mereka digunakan untuk membawa batu bara dari collieries Lancashire ke Liverpool, di mana mereka dipindahkan ke kereta yang ditarik kuda dengan crane."
Pada awalnya digunakan untuk memindahkan batu bara ke dalam dan ke luar tongkang, "kotak lepas" digunakan untuk memasukkan batu bara ke dalam peti kemas dari akhir 1780-an, di tempat-tempat seperti Kanal Bridgewater. Pada tahun 1840-an, kotak besi digunakan serta kotak kayu. Awal 1900-an melihat adopsi kotak kontainer tertutup yang dirancang untuk pergerakan antara rel dan jalan raya.
Perkembengan Peti Kemas / Container Di Abad ke 20
Pada tanggal 17 Mei 1917 Benjamin Franklin Fitch meresmikan eksploitasi instalasi eksperimental untuk pemindahan peti kemas / container yang yang dapat dibongkar.
Sebelum Perang Dunia Kedua, banyak negara Eropa mengembangkan sistem peti kemas secara mandiri.
Pada tahun 1919, Stanisław Rodowicz, seorang insinyur, mengembangkan draf pertama sistem peti kemas kemudian di Negara Polandia pada tahun 1920, membangun prototipe peti kemas / container. Tetapi pada saat terjadi Perang antara Polandia dengan Bolshevik pengembangan sistem peti kemas / container di Polandia dihentikan akibat dari perang tersebut.
Pada tahun 1926, koneksi reguler kereta penumpang mewah dari London ke Paris, Golden Arrow / Fleche d’Or, dengan Southern Railway dan French Northern Railway, dimulai. Untuk pengangkutan bagasi penumpang, empat kontainer digunakan. Kontainer ini dimuat di London atau Paris dan dibawa ke pelabuhan, Dover atau Calais, dengan mobil datar di Inggris dan "CIWL Pullman Golden Arrow Fourgon dari CIWL" di Prancis.
Pada Kongres Transportasi Motor Dunia Kedua di Roma, bulan September 1928, senator Italia Silvio Crespi mengusulkan penggunaan Peti Kemas / Container untuk sistem transportasi jalan raya dan kereta api, di bawah naungan badan internasional yang mirip dengan Perusahaan Mobil yang menyediakan pengangkutan penumpang internasional dalam gerbong. Pada tahun 1928 Pennsylvania Railroad (PRR) memulai layanan Peti Kemas / Container reguler di timur laut Amerika Serikat.
Pada tahun 1929 Wall Street Crash di New York Amerika Serikat, banyak negara tidak memiliki sarana transportasi untuk kargo. Rel kereta api dicari sebagai kemungkinan untuk mengangkut kargo, dan ada peluang untuk membawa kontainer ke penggunaan yang lebih luas.
Pada Februari 1931 diluncurkan kapal kontainer pertama di dunia. Itu disebut Autocarrier, yang dimiliki oleh Southern Railway UK.
Pada tahun yang sama, tahun 1931, di Amerika Serikat Benjamin Franklin Fitch merancang dua Peti Kemas / Container terbesar dan terberat dengan ukuran sebagai berikut :
1. Berukuran 17 kaki 6 inci (5,33 m) kali 8 kaki 0 inci (2,44 m) kali 8 kaki 0 inci (2,44 m) dengan kapasitas 30.000 pound (14.000 kg) dalam 890 kaki kubik (25 m 3 ).
2. Berukuran 20 kaki 0 inci (6,10 m) kali 8 kaki 0 inci (2,44 m) kali 8 kaki 0 inci (2,44 m), dengan kapasitas 50.000 pound (23.000 kg) dalam 1.000 kaki kubik (28 m 3 ).
Post a Comment for "Sejarah Peti Kemas / Container ???"