Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Peti Kemas / Container ???

SEJARAH ASAL MULA ADANYA PETI KEMAS / CONTAINER 


Foto dari dokumen wikiwand.com

www.kepelabuhan.blogspot.com Membahas mengenai container atau peti kemas jenis alat angkut ini sangat efisien, tetapi jenis container yang sering kita lihat sekarang baik itu di jalan raya, kereta api yang mengangkut container serta pelabuhan sangat berbeda sekali baik jenisnya maupun ukurannya, untuk itu pada artikel yang saya coba uraikan mengenai sejarah asalnya muasalnya container.
 

Sejarah Container / Peti Kemas

Berawal dari kontainerisasi berasal dari Negara Inggris dimulai pada akhir abad ke-18 di daerah penambangan batu bara. Pada tahun 1766 James Brindley merancang perahu kotak 'Starvationer' dengan 10 kontainer kayu, untuk mengangkut batu bara dari Worsley Delph (quarry) ke Manchester dengan Bridgewater Canal.

Pada tahun 1795, benjamin Outram membuka Little Eaton Gangway, tempat batu bara diangkut dalam gerbong yang dibangun di Pabrik Besi Butterley miliknya. Gerobak beroda yang ditarik kuda di gang tersebut berbentuk Container, yang, sarat dengan batu bara, dapat diangkut dari tongkang kanal di Kanal Derby, yang juga dipromosikan Outram. 

 

Pada tahun 1830-an, rel kereta api di beberapa benua membawa kontainer yang dapat dipindahkan ke moda transportasi lain. The Liverpool dan Manchester Railway di Inggris adalah salah satu dari ini. "Kotak kayu persegi panjang sederhana, empat untuk sebuah gerobak, mereka digunakan untuk membawa batu bara dari collieries Lancashire ke Liverpool, di mana mereka dipindahkan ke kereta yang ditarik kuda dengan crane."


Pada awalnya digunakan untuk memindahkan batu bara ke dalam dan ke luar tongkang, "kotak lepas" digunakan untuk memasukkan batu bara ke dalam peti kemas dari akhir 1780-an, di tempat-tempat seperti Kanal Bridgewater. Pada tahun 1840-an, kotak besi digunakan serta kotak kayu. Awal 1900-an melihat adopsi kotak kontainer tertutup yang dirancang untuk pergerakan antara rel dan jalan raya.


Perkembengan Peti Kemas / Container Di Abad ke 20

Foto dari dokumen Kompas Internasional


Pada tanggal 17 Mei 1917 Benjamin Franklin Fitch meresmikan eksploitasi instalasi eksperimental untuk pemindahan peti kemas / container yang yang dapat dibongkar. 

Sebelum Perang Dunia Kedua, banyak negara Eropa mengembangkan sistem peti kemas secara mandiri.


Pada tahun 1919, Stanisław Rodowicz, seorang insinyur, mengembangkan draf pertama sistem peti kemas kemudian di Negara Polandia pada tahun 1920, membangun prototipe peti kemas / container. Tetapi pada saat terjadi Perang antara Polandia dengan Bolshevik pengembangan sistem peti kemas / container di Polandia dihentikan akibat dari perang tersebut. 

 

Pada tahun 1926, koneksi reguler kereta penumpang mewah dari London ke Paris, Golden Arrow / Fleche d’Or, dengan Southern Railway dan French Northern Railway, dimulai. Untuk pengangkutan bagasi penumpang, empat kontainer digunakan. Kontainer ini dimuat di London atau Paris dan dibawa ke pelabuhan, Dover atau Calais, dengan mobil datar di Inggris dan "CIWL Pullman Golden Arrow Fourgon dari CIWL" di Prancis.

 

Pada Kongres Transportasi Motor Dunia Kedua di Roma, bulan September 1928, senator Italia Silvio Crespi mengusulkan penggunaan Peti Kemas / Container untuk sistem transportasi jalan raya dan kereta api, di bawah naungan badan internasional yang mirip dengan Perusahaan Mobil yang menyediakan pengangkutan penumpang internasional dalam gerbong. Pada tahun 1928 Pennsylvania Railroad (PRR) memulai layanan Peti Kemas / Container reguler di timur laut Amerika Serikat.

 

Pada tahun 1929 Wall Street Crash di New York Amerika Serikat, banyak negara tidak memiliki sarana transportasi untuk kargo. Rel kereta api dicari sebagai kemungkinan untuk mengangkut kargo, dan ada peluang untuk membawa kontainer ke penggunaan yang lebih luas.

 

Pada Februari 1931 diluncurkan kapal kontainer pertama di dunia. Itu disebut Autocarrier, yang dimiliki oleh Southern Railway UK.  

 

Pada tahun yang sama, tahun 1931, di Amerika Serikat Benjamin Franklin Fitch merancang dua Peti Kemas / Container terbesar dan terberat dengan ukuran sebagai berikut :

 

1.     Berukuran 17 kaki 6 inci (5,33 m) kali 8 kaki 0 ​​inci (2,44 m) kali 8 kaki 0 ​​inci (2,44 m) dengan kapasitas 30.000 pound (14.000 kg) dalam 890 kaki kubik (25 m 3 ).

2.    Berukuran 20 kaki 0 ​​inci (6,10 m) kali 8 kaki 0 ​​inci (2,44 m) kali 8 kaki 0 ​​inci (2,44 m), dengan kapasitas 50.000 pound (23.000 kg) dalam 1.000 kaki kubik (28 m 3 ).


Dari uraian singkat sejarah asal mualanya Peti Kemas / Container, semoga rekan - rekan kepelabuhan dapat menambah wawasan mengenai Peti Kemas / Container. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.
TERIMAKASIH.

Post a Comment for "Sejarah Peti Kemas / Container ???"