Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah dan Pengetian Plimsoll Mark

 

PLIMSOLL MARK


www.kepelabuhan.blogspot.com Keselamatan transportasi baik transportasi darat, laut dan udara serta kereta api merupakan tanggung jawab kita bersama. Oleh sebab itu hal - hal yang berkaitan dengan keselamatan harus disosialisasikan kepada masyarakat umum, pada kesempatan ini saya akan mengurai mengenai bagian dari salah satu untuk keselamatan pelayaran, saya akan mengurai perihal PLIMSOLL MARK.

Sebelum membahas mengenai apa itu PLIMSOL MARK ijinkan saya menginformasikan mengenai sejarah adannya PLIMSOLL MARK untuk kapal atau angkutan laut.

 A. Sejarah PLIMSOLL MARK

Samuel Plimsoll (1824 – 1898) lahir di Bristol dan segera pindah ke Whiteley Wood Hall, Sheffield, juga menghabiskan sebagian masa kecilnya di Penrith, Cumberland. Meninggalkan sekolah pada usia dini, dia menjadi pegawai di Rawson Brewery, kemudian menjadi manajer dan selanjutnya menjadi anggota parlemen Inggris.

Pada tahun 1876 anggota parlemen Inggris yang bernama Samuel Plimsoll (1824-1898) prihatin dengan hilangnya kapal dan awak kapal karena overloading / kelebihan muatan pada kapal. Samuel Plimsol mengusulkan kepada Parlemen untuk meluluskan Kapal unseaworthy Bill, yang diamanatkan menandai sisi kapal dengan garis yang akan menghilang di bawah permukaan air apabila suatu kapal overloading / kelebihan muatan

Samuel Plimsoll, mengambil alih jalur muatan melawan oposisi yang kuat. Komisi Kerajaan untuk kapal yang tidak layak laut dibentuk pada tahun 1872, dan pada tahun 1876 Undang – undang Pengiriman Pedagang Kerajaan Inggris mewajibkan tanda garis muatan, meskipun penempatan tanda tersebut tidak ditetapkan oleh undang – undang sampai tahun 1894 Pada tahun 1906, undang-undang disahkan yang mewajibkan kapal asing yang mengunjungi pelabuhan Inggris untuk ditandai dengan garis muatan. Baru pada tahun 1930 (Konvensi Jalur Beban 1930) ada kesepakatan internasional untuk penerapan universal peraturan jalur beban.

Pada tahun 1966 Konvensi Internasional mengenai Garis Muat disimpulkan di London yang memeriksa ulang dan mengubah aturan tahun 1930. Konvensi 1966 telah mengalami amandemen pada tahun 1971, 1975, 1979, 1983, 1995 dan 2003, tidak ada satupun yang mulai berlaku.

Tanda atau garis tersebut dikenal sebagai tanda Plimsoll, Sampai saat ini Plimsoll Mark masih digunakan oleh semua kapal di seluruh dunia.


B. Pengertian PLIMSOLL MARK

Plimsoll Mark adalah tanda di tengah lambung kapal untuk membatasi draft maksimun sebuah kapal demi keamanan dan keselamatan kapal sesuai dengan daearah / musim dimana kapal tersebut berlayar.

Suhu air yang bervariasi akan mempengaruhi draft kapal, karena kepadatan air hangat kurang dari air dingin, sehingga memberikan daya apung yang lebih sedikit. Dengan cara yang sama, air tawar kurang padat dibandingkan air asin atau air laut dengan efek pengurangan yang sama pada daya apung.

  


§ TF : Tropical Fresh Water

§ T : Tropical

§ F : Fresh Water

§ S : Summer

§ W : Winter

§ WNA : Winter North Atlantic

Dengan demikian dapat menjamin kapal masih mempunyai daya apung cadangan yang cukup. Untuk keselamatan kapal maka setiap kapal tidak dijinkan memuat melebihi kapasitasnya sehingga harus memuat sesuai garis muat pada Plimsoll Mark.

Tujuan dari garis muat adalah untuk memastikan bahwa kapal memiliki ketinggian yang cukup dari garis air ke dek utama (Freeboard) dan dengan demikian memiliki daya apung yang cukup . Papan bebas kapal komersial diukur antara titik terendah dari geladak kontinu paling atas di samping dan garis air dan ini tidak boleh kurang dari papan bebas yang ditandai pada sertifikat garis muatan yang dikeluarkan untuk kapal itu. Semua kapal komersial, selain dalam keadaan luar biasa, memiliki simbol garis beban yang dicat di tengah kapal di setiap sisi kapal. Simbol ini juga diberi tanda permanen, sehingga jika cat luntur tetap terlihat.

Garis muat memudahkan siapa saja untuk menentukan apakah sebuah kapal telah kelebihan muatan. Lokasi pasti dari garis beban dihitung dan diverifikasi oleh Lembaga Klasifikasi dan mengeluarkan sertifikat yang relevan.

Dari uraian tersebut di atas, semoga dapat menambah wawasan mengeai pengertian plimsoll mark, sehingga kita semakin sadar dan melek tentang pentingnya keselamata transportasi terkhusus transportasi laut.

"Keselamatan Transportasi Adalah Tanggung Jawab Kita Bersama"



Post a Comment for "Sejarah dan Pengetian Plimsoll Mark"