Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengecek Sertifikat Pelaut Online.

Cara Mengecek Sertifikat Pelaut Online

Empat Langkah Cek Sertifikat Pelaut.



Pada kesempatan kali ini ijinkan kami menguraikan bagaimana cara cek sertifikat pelaut yang bertujuan untuk keaslian yang punya sertifikat tersebut, cukup 4 langkah agar kita dapat mengetahui sertifikat yang dimiliki oleh pelaut tersebut apakah asli dan sudah terdaftar di Direktorat Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Indonesia.

Sebelum masuk ke langkah pertama baiknya harus mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian Nomor Sertifikat dan Kode Pelaut.

A. Nomor Sertifikat adalah

Nomor seri yang terdapat disebelah kanan atas sertifikat pelaut yang sudah online, jumlah nomor seri sertifikat terdapat 16 digit.

B. Kode Pelaut adalah

Kode 10 digit dari no seri sertifikat pelaut. Contoh no sertifikat 6291010010099989, kode Pelaut sertifikat tersebut adalah 6291010010 (10 digit pertama dari nomor sertifikat) 

Setelah mengetahu pengertian Nomor sertifikat pelaut dan Kode pelaut selanjutnya masuk ke 4 Langkah Cara Cek Sertifikat Pelaut adalah sebagai berikut :

1.  Klik website pelaut.dephub.go.id


Caranya silahkan klik google crome kemudian ketik di mesin pencarian google dengan mengetik >> pelaut.dephub.go.id

2. Ketik / masukan kode pelaut sertifikat tersebut.


Masukan 10 digit kode pelaut dari sertifikat tersebut.

3. Kode Captcha.


Masukan / ketik kode huruf dan angka captcha, untuk ukuran huruf besar atau kecil harus sama dengan kode yang terlihat.

4. Klik tanda / icon kaca pembesar atau Search.



Setelah ke 4 langkah tersebut di laksanakn maka akan tampil profil yang punya sertifikat tersebut hasilnya sebagai berikut :


Demikian cara mengetahui profil yang punya sertifikat tersebut dan selanjutnya bisa dianalisa apakah sertifikat tersebut benar asli yang punya sertifikat pelaut tersebut atau bukan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi yang sudah membacanya semoga membawa keberkahan untuk kita semua.

Kalau ada kendala dalam hal cek sertifikat pelaut tersebut bisa tulis komentar yang sudah disediakan dibawah ini terimakasih.

Post a Comment for "Cara Mengecek Sertifikat Pelaut Online."