Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pemadam Api Sprinkler

ALAT PEMADAM API SPRINKLER.




Apakabar rekan - rekan Kepelabuhan, artikel yang akan saya uraikan pada kesempatan kali ini saya akan menguraikan mengenai sprinkler.

PENGERTIAN PEMADAM API SPRINKLER

Adalah alat yang berfungsi untuk memadamkan api secara otomatis, umumnya sprinkler dipasang pada gedung atau kapal laut serta tempat yang memiliki fasilitas umum dan memiliki tingkat resiko bahaya kebakaran. 

1. Kepala Sprinkler Pendant





Kepala sprinkler model pendant ini adalah standar. Banyak digunakan di gedung-gedung perkantoran, pertokoan serta pabrik. Pemasangan kepala sprinkler ini biasayanya tersedia dalam ukuran 1/2″. Biasaya dipasang di plafon dengan ujung kepala muncul atau nongol diluar. Seperti nampak pada gambar berikut ini kelapa spinkle.

2. Kepala Sprinkler Upright



Sistem ini menggunakan pola semprotan air arah ke atas. Dengan deflektor yang cekung maka air yang keluar akan membentuk sebuah kubah. Kepala sprinkler Upright ini biasanya digunakan untuk sistem pipa kering (Dry-pipe System).

3. Kepala Sprinkler Side Wall.



Kepala sprinkler ini biasanya dipasang untuk ruangan yang kecil, seperti toilet. Mengapa di pasang di tembok? Biasanya karena keterbatasan tidak ada atap plafon, atau sebagai alasan estetika.

4. Kepala Sprinkler Conceals.



Kepala sprinkler jenis ini biasanya dipasang untuk tempat tinggal. berbeda dengan tipe pendant yang muncul di luar plafon. Tipe ini biasanya ada di dalam plafon dengan dilapisi penutup yang dekoratif.  


UKURAN HEAD SPRINKLER

1. Ukuran 1/2 atau 12,7 mm. 

Merupakan tipe yang biasanya dipasang untuk bangunan seperti pada kapal laut, gedung perkantoran, gedung hotel dan gedung sekolah dan lain sebagainya.

2. Ukuran 3/4 atau 19,2 mm. 

Merupalan tipe yang dipasang untuk area perlindungan yang memerlukan air yang lebih banyak untuk pemadaman. 

FUNGSI PEMADAM API SPRINKLER

Sistem pemadam api sprinkler merupakan sistem suplai air dengan tekanan yang memadai, serta mengalir melewati sistem pipa yang tersambung ke kepala sprinkler.

BAGIAN KOMPONEN PEMADAM API SPRINKLER

1. Sumber Air

Pemdaman api saat terjadi kebakaran maka diperlukan air dalam jumlah tertentu untuk melakukan pemadaman tersebut. Sehingga komponen air sangat utama bagi pemadaman api menggunakan pemadam api sprinkler.

2. Pompa Air

Fungsi dari pompa air tersebut untuk memenuhi tekanan yang harus dicapai saat pemadaman api. Tekanan air yang harus dicapai untuk memadamkan api dengan sprinkler harus dengan tekanan sekitar 10 bar. Jenis - jenis pompa sebagai pendukung pemadaman api sprinkler adalah sebagai berikut :

  • Pompa Diesel adalah pompa utama untuk suplai air, setelah valve (kran) terbuka karena adanya kepala sprinkler yang pecah oleh api. Selain itu juga digunakan jika jalur kabel listrik PLN terputus saat terjadi kebakaran.
  • Pompa Elektrik adalah berfungsi untuk cadangan ketika pompa diesel tidak bisa berfungsi.
  • Pompa Jockey adalah pompa yang secara terus menerus menjaga tekanan air sesuai yang ditentukan.
3. Sistem Pemompaan
Merupakan sistem menyambungkan dari sumber air menuju pmpa - pompa, selanjutnya menuju area - area yang dilindungi, meliputi valve (kran).

4. Kepala Sprinkler 
Kepala sprinkler akan membuka otomatis jika ada api. Karena ada tabung air raksa yang akan pecah sesuai suhu tertentu. Untuk membedakan suhu pada tabung air raksa di kepala sprinkler dengan cara pemberian warna adalah sebagai berikut :
  • 57° C   : warna Orange
  • 68° C   : warna Merah
  • 79° C   : warna Kuning
  • 93° C   : warna Hijau
  • 141° C : warna Biru
  • 182° C : warna Purple
  • 227° C : warna Hitam
  • 260° C : warna Hitam

CARA KERJA SISTEM PEMADAM API SPRINKLER

Ketika terjadi kebakaran, maka suhu udara akan meningkat. Jika sudah mencapai 57 derajat celcius, maka air raksa yang mengganjal katup atau ampul (penutup srinkler) dengan sendirinya akan pecah. Dengan terbukanya katup atau ampul, maka tekanan pada pipa akan menurun secara drastis, dan kondisi ini membuat katup pengatur air mengalirkan air ke dalam pipa secara cepat menuju nozzle sprinkler yang terbuka. Bilamana kebakaran semakin besar maka nozzle srinkler yang lainnya juga akan ikut terbuka dan menyemprotkan air untuk memadamkan api. Kondisi akan berlangsung secara terus-menerus sampai kita mematikan atau mereset sistem yang sedang berjalan tersebut.
  
Dari uraian dan pengertian sprinkler tersebut diatas, semoga rekan - rekan Kepelabuhan dapat menambah wawasan. TERIMAKASIH

Post a Comment for "Pengertian Pemadam Api Sprinkler"