Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Total Loss Pada Asuransi Marine Hull.

TOTAL LOSS DALAM ASURANSI MARINE HULL.


www.kepelabuhan.blogspot.com Semangat sehat Rekan Kepelabuhan semuannya, pada kesempatan artikel yang akan kita urai pada artikel kali ini adalah mengenai pengertian Total Loss pada asuransi marine hull, dalam asuransi marine hull Total Loss termasuk dalam clausul 284 dan 289. Sedangkan untuk Total Loss Only secara spesifik masuk dalam clausul 289, apa itu Total Loss Only ?...Total Loss Only adalah suatu pertanggungan yang hanya menanggung pertanggungan hanya kerusakan total saja.  

Total Loss pada asuransi Marine Hull merupakan situasi dimana pertanggungan dalam hal ini kapal mengalami kerusakan atau kehilangan yang cukup serius sehingga dianggap hilang secara keseluruhan atau tidak layak untuk dipertahankan atau diperbaiki. Jenis Total Loss ada 2 jenis yaitu :

1. Actual Total Loss

Jenis total loss ini bilamana pertanggungan mengalami kerusakan yang sangat parah sehingga pertanggungan tersebut tidak mungkin atau tidak ekonomis untuk diperbaiki. Contoh dalam kasus Actual Total Loss ini adalah bilaman pertanggungan / kapal tenggelam secara keseluruhan atau kerusakan pertanggungan / kapal akibat kebakaran yang menyebabkan kapal tidak bisa dioperasikan atau digunakan.

2. Constructive Total Loss

Jenis total loss ini bilamana pertanggungan terjadi ketika biaya untuk perbaikan pertanggungan atau kapal yang rusak melebihi nilai atau harga aktual dari pertanggungan atau kapal tersebut. dalam situasi seperti ini meskipun kondisi pertanggungan atau kapal masih ada, hal tersebut sudah dianggap "kehilangan" karena biaya perbaikan atau pemulihan melebihi nilai dari pertanggungan tersebut.    

Dari pengetian total loss Actual Total Loss dan Constructive Total Loss untuk pengajuan klaim dapat diajukan kepada perusahaan asuransi yang bertanggung jawab untuk mengganti nilai yang diasuransikan dari nilai pertanggungan yang hilang atau rusak secara total. Proses klaim akan mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan dalam polis asuransi Marine Hull dan melibatkan penilaian kerusakan dari penilai independent yang sudah ditunjuk untuk menentukan apakah kerugian pertanggungan tersebut memenuhi syarat sebagai Actual Total Loss atau Constructive Total Loss.  

Dari pengertian tersebut diatas semoga rekan - rekan Kepelabuhan dapat menambah wawasan mengenai pengertian Total Loss dalam asuransi Marine Hull. Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "Pengertian Total Loss Pada Asuransi Marine Hull."